Diskusi BLogger Pemula Punya DAW-XP

6 Jan 2012

Pada tahu belum apa itu Diskusi Blogger Pemula? Mungkin banyak bahkan dibilang sangat banyak para blogger yang belum tahu Diskusi Blogger Pemula karena memang grup ini masih cukup tertutup.

DBP atau Diskusi Blogger Pemula adalah sebuah grup yang berisi blogger-blogger yang ingin belajar. Walaupun namanya diskusi blogger pemula namun tidak bisa dinyatakan blogger-blogger di dalam grup tersebut adalah pemula semua. Tentu saja ada master-master yang rela membagikan ilmu mereka untuk para pemula-pemula yang ingin belajar.

Grup ini didirikan oleh mas Deny Arya Wiranata yang mempunyai url blog di DAW-XP dan hingga sekarang grup ini tetap eksis. Bagaimana sih terbentuknya grup ini?

Kenapa Harus Didirikan Diskusi Blogger Pemula?

Pada kata pengantar di atas sudah saya jelaskan bahwa saya sendiri pun butuh sebuah grup yang benar-benar membimbing anggota-anggotanya agar dapat menjadi manusia yang sesungguhnya dalam hal ngeblog, meskipun saya sendiri masih belum dan akan terus belajar bagaimana mengatur, mengelola, mengoptimasi dan mempertahankan blog dari berbagai metode dan cms. Sungguh masih banyak ilmu yang belum saya tahu, maka dari itu dibuatlah Diskusi Blogger Pemula. Grup memang banyak bertebaran dimana-mana, tapi apakah semuanya masuk dalam grup yang berkualitas? Dan apa sesuai dengan tema yang dibahas?

Apa Keistimewaan Diskusi Blogger Pemula?

Bicara masalah keistimewaan, tentu semua grup pasti mempunyai keistimewaan pada grupnya masing-masing dan keistimewaan tersebut dimiliki oleh grup Diskusi Blogger Pemula dibanding grup lainnya. Apa saja? Menurut keistimewaan pada grup Diskusi Blogger Pemula memang berbeda dari grup lain, yakni:

Mempunyai Aturan dan Jadwal

Apakah ada grup lain yang memiliki jadwal dan aturan seperti Diskusi Blogger Pemula? Tidak kan, meskipun ada, mungkin itu hanya segelintir saja kecuali grup yang sudah tidak ada dan meninggalkan kenangan yaitu grup Dhana Discussion. Yaps, aturan dan jadwal itu digunakan untuk membatasi tingkah pola anggotanya agar tidak sembarangandi grup. Apa saja sih jadwal dan aturan tersebut? Inilah:

PERATURAN DI DBP

Kita tahu DBP tempatnya diskusi untuk blogger yang ingin belajar khususnya. Untuk kenyamanan serta kebersamaan di DBP, maka perlu dibuatnya peraturan agar membatasi kelakuan anggotanya. Dari dialog yang pernah diajukan salah satu anggota di DBP, maka berikut aturannya:

Topic khusus pada DBP adalah design, bisnis online, dan seo serta traffic.
Tidak diperbolehkan berkomentar OOT (Out Of Topic = Keluar dari Pembicaraan) di DBP. Komentar yang OOT akan dihapus dan akan diberikan peringatan. Untuk yang ingin OOT (Out Of Topic) silakan ke chat DBP saja.
Tolong untuk seluruh anggota harap aktif di DBP
Tidak diperbolehkan mencantumkan link di wall/status di DBP yang bersifat promosi, kecuali hal-hal yang berguna untuk anggota.
Bagi yang tidak pernah aktif di DBP, akan di kick.

JADWAL TOPIC di DBP

Kita semua tahu bahwa judul dari grup ini adalah Diskusi Blogger Pemula. Nah intinya grup ini adalah tempat berdiskusi antar blogger Indonesia. Maka dari itu saya hanya menerapkan untuk pasang link hanya boleh minggu, karena itu adalah hari refreshing dan nyaman untuk menaut link. Tolong mulai sekarang untuk tidak memasang link selain hari minggu.

Berikut jadwal topic di DBP agar bisa berdiskusi dan tidak asal nyepam:

Senin: Seo
Selasa: Bisnis Online
Rabu: Traffic
Kamis: Tutorial dan Tips Blog (Design)
Jum’at: Traffic
Sabtu: Keyword
Minggu: Refreshing (boleh menautkan link)

Catatan: Jangan terikat dengan jadwal di atas. Jika anda ingin bertanya sesuatu namun beda topic pada harinya, silakan saja kami tidak melarang.

NB : Hari minggu hanya boleh menautkan 1 Link

Sampai disini dulu review saya mengenai grup Diskusi Blogger Pemula, semoga tulisan ini dapat mengajak anda untuk dapat bergabung di Diskusi Blogger Pemula sekarang juga. Oh Happy New Year 2012 ya, semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.


TAGS Diskusi Blogger Pemula DBP DAW-XP Deny Arya Wiranata


-

Author

Follow Me